SUV Bentayga Bantley Gandeng Agensi Asia Pasifik
Jadwal peluncuran Sport Utility Vehicle (SUV) Bentley Bentayga semakin dekat. Sebelum diproduksi secara umum, pabrik mobil dari Inggris itu kini memasuki tahap pengujian terakhir yakni di kondisi cuaca dingin yang ekstrem.
Dalam keterangan resminya, biasanya para pabrik mobil dalam melakukan pengujian musim dingin dilakukan di kutub utara, tapi Bentley memilih Swedia sebagai tempat pengujian prototipe Bentayga sebelum masuk jalur produksi masal.
Dalam pengujian itu Bentayga masih diselimuti oleh kamuflase sehingga tidak bisa terlihat jelas detail perubahan yang dilakukan oleh Bentley. Tapi, Bentley mengklaim kalau Bentayga ini bukan hanya sekedar SUV ultra-mewah, melainkan mampu menawarkan kemampuan off-road yang sangat luas biasa.
Sebelumnya, Bentayga diuji di salah satu sirkuit legendaris dunia, Nürburgring, Jerman. Tujuan Bentayga diuji di sirkuit Nürburgring adalah untuk membuktikan kehandalan dan kelincahan SUV Bentley itu sebelum resmi diluncurkan untuk umum.
Bentley meresmikan peluncuran Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya yang diberi nama Bentley Bentayga dalam acara North American International Auto Show (NAIAS) 2015 di Detroit, Amerika Serikat. Bentley menyebut Bentayga sebagai SUV terbaik yang pernah diproduksi.
Nama Bentayga sendiri dapat dikatakan sebuah nama unik untuk sebuah SUV ternama. Alasan Bentley memilih nama Bentayga karena terinspirasi oleh perusahaan dan juga Taiga, kawasan hutan salju terluas didunia yang terletak disebelah utara markas Bentley.
Bantley Asia Pasifik mengumumkan bahwa mereka akan melibatkan Accelerate Advertising sebagai ajang pemasaran dan hubungan massa untuk Bentley Motors di region tersebut. Accelerate Advertising sendiri sudah berdiri sejak 2011 dan mengimplementasikan kepiawaiannya khusus pada sektor bisnis otomotif kelas premium.
“Nama Bentayga merefleksikan apa yang kami ketahui bahwa SUV ini akan melakukan yang terbaik dibanding mobil apapun di dunia, sebuah kombinasi dari kemewahan dan performa yang sanggup menghantarkan pengalaman Bentley ke lingkungan yang baru,” tutur CEO Bentley Motors, Wolfgang Durheimer.
"Persaingan saat ini ketat dan kompetitif. Namun, pengalaman mereka di bidang otomotif, kemampuannya mereka sebagai agensi yang serba bisa, dan minat mereka membuat kami merasa yakin. Kami membutuhkan partner yang baik dan kami yakin bahwa mereka rekan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Bentley di kawasan Asia Pasifik," kata Silvia Saliti, Regional Manager, Marketing & Communications Asia Pacific of Bentley Motors.
Tim internasional dari Accelerate akan mengurus penuh kampanye Bantley di seluruh kawasan tersebut, baik secara online maupun offline, dan mendukung kliennya dengan kepiawaiannya dalam hal hubungan umum, serta perencanaan dan manajemen media.
"Bentley adalah brand mobil yang ikonik, dan terkenal dengan kemewahannya, tenaganya, dan performanya yang tanpa kompromi. Kami merasa tersanjung karena mendapat kesempatan ini," aku Su-Hyun Park, General Manager of Accelerate Advertising.
Tim terpilih yang berada di bawah dua pimpinan akan merumbuk dengan Bentley Motors dengan berkantor di Singapura. Fokus terdekat mereka adalah peluncuran secara global dari SUV ultra-mewah Bentley Bentayga di kawasan Asia Pasifik pada 2016.
Cheryl Ng sendiri akan bertanggung jawab sebagai manajer regional dan perencana hubungan umum, hubungan media massa, dan manajemen perusahaan mulai Februari 2016. Sementara itu, Durgga Krshnan akan berperan dalam hal-hal yang terkait dengan pemasaran Bentley Bentayga dan acara sebagai Marketing Executive, dengan waktu kerja lebih awal, yakni mulai 1 Januari mendatang.
Accelerate sendiri didirikan dan dimiliki oleh dua agensi independen Jerman, yakni Kemper Kommunikation (Keko) dan Mertensteinke. Kantor Keko di London sudah lebih dulu mengurus Bentley Bentayga secara internasional. Jika dilihat dari beberapa spyshot yang beredar di dunia maya, SUV ini memiliki atap dengan desain aerodinamis dan sudah panoramic, grille model mesh berukuran besar, sepasang lamu bundar, dan air vent di fender berbentuk huruf ‘B’.
Sorot lampunya dibuat lebih tajam dan lebih besar. Kelir hitam yang dikombinasikan dengan bumper yang tinggi membuat mobil ini semakin terlihat kokoh. Kaki-kakinya sendiri dipasangi velg besar berukuran 23 inchi.Bagian yang unik Bentley Bentayga terlihat di bagasi belakang mobil yang terdapat lemari sajian. Terdapat pintu yang dapat dibuka ke bawah sebagai sandaran duduk dan lemari dengan set perangkat minum tersedia di sana.
Pabrikan mobil mewah asal Inggris ini sudah ‘menggaet’ 4.000 konsumen potensial untuk produk terbarunya ini. Angka yang cukup besar dan telah melewati target pencapaian sebelumnya, yakni 3.000 unit setahun.
Hal ini tidak diragukan dari siluet jendela nan tipis serta bagian belakang yang sedikit boxy. Namun sosok Bentley Bentayga depannya jelas sekali bahwa Bentley Bentayga dibuat lebih humanis dibanding konsepnya layaknya kita melihat SUV saat ini.
Bila melihat interior maka kita akan menemukan tampilan super luxury ala Bentley, apa saja? Ada detailing kayu buatan tangan, logam hiasan buatan tangan serta jok kulit nan mewah, yah you name it lah. Kapasitas penumpang Bentayga bisa memuat hingga lima orang, tapi buat apa juga dipaksa? empat saja lah, kan SUV luks. Jok kulitnya dihiasi oleh jahitan kontras dan berlian mewah. Jok Bentayga sudah dilengkapi sistem pijat enam program, penghangat dan ventilasi.
Belum lagi diramaikan oleh center cluster dengan infotainment berukuran 8 inchi touchscreen dan tablet Android Bentley berukuran 10,2 inchi yang dapat dilepas pasang di bangku belakang. Audio disupport oleh Naim dengan speaker berjumlah 18 unit dengan daya 1,950 Watt. Menariknya tetap ada sistem personalisasi ala Bentley yang disebut Bentley Bespoke yang menawarkan 90 warna tambahan eksterior, 15 opsi karpet, 7 lapisan buatan tangan, 15 pilihan trim interior dan beberapa pilihan velg alloy mulai dari 20 – 22 inchi.
Mobil ini dibangun dengan platform MLB-Evo VW Group yang pernah diaplikasikan di Audi Q7. Bicara soal mesin tentu saja mobil Bentley Bentayga ini diberi jantung mekanis yang didaya seperti Continental. Mesin 6.0 liter turbocharged W12 berhasil meletupkan tenaga 600HP dan torsi 900 Nm dengan penyalur daya transmisi auto 8-speed dan all wheel drive maka Bentayga dapat menempuh 0-100 km/jam dalam 4.1 detik dan topspeed 308 km/jam.
Belum ada informasi resmi mengenai jantung mekanismenya, tapi versi prototipenya dibekali mesin 6.0-liter W12 twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga 608 PS dan torsi 900 Nm.
Lebih dari itu, Bentayga juga nantinya akan ditawarkan dengan mesin bensin 4.0-liter V8 twin-turbo, turbodiesel V8 dan juga plug-in hybrid.
Banyak pengamat otomotif menduga bahwa harga yang dibanderol untuk SUV mewah ini tidak jauh dari kisaran 164.000 Euro atau sekitar Rp 2,4 miliar. Harga yang cukup fantastis sesuai dengan fitur-fitur canggih yang disematkan oleh Bentley Bentayga.
Yah maklum saja ini berbeda kelas dengan kedua SUV tersebut. Bentayga memang lebih mirip Continental Flying Spur yang dibuat SUV dengan kemampuan off road sih. Nah bagaimana menurut anda dengan SUV Bentley ini? sebab para Boss sudah ada pilihan baru…
Baca juga artikel :